Advertisements

Toko Madura Online Ads


Suami Betah di Rumah 600

Gedung Bertingkat Diharapkan Punya Tim Rescue

0
gedung bertingkat

gedung bertingkat

Jumlah gedung bertingkat, terutama di kota besar seperti Jakarta, begitu banyak. Sementara itu, Jakarta juga memiliki potensi diguncang gempa karena aktivitas sumber gempa di sekitarnya.

Untuk mencegah terjadinya kepanikan serta membantu evakuasi dari gedung bertingkat saat gempa, setiap pengelola gedung diwajibkan memiliki tim rescue.

Hadianto W dari Jakarta Accomplishment menyebut tim accomplishment tersebut sebagai Collapse Architecture Management. Tim terdiri dari attic captain dan architecture commander.

“Saat ini, baru ada 6 gedung di Jakarta yang punya,” ungkap Hadianto dalam academy “Mitigasi Gempa dan langkah-langkah Evakuasi di Gedung Bertingkat,” di Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Sejumlah gedung di Jakarta yang sudah memilikinya antara lain Bank Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Conoco Philips dan Taspen.

“Kami mengharapkan, gedung-gedung yang lain juga mengikuti,” papar Hadianto.

Floor captain bertugas memantau kondisi setiap lantai saat gempa terjadi. Sementara, architecture administrator bertugas memberikan komando saat evakuasi.

Untuk setiap lantai, kata Hadianto, perlu ada 2 attic captain. Sementara, architecture administrator yang dibutuhkan adalah 1 orang per dua atau tiga lantai.

“Ini harus dipekerjakan oleh pemilik gedung dan khusus menangani soal gempa,” kata Hadianto.

Hadianto mengatakan, gedung yang ingin mengembangkan tim accomplishment bisa menghubungi Jakarta Rescue. Setiap personel akan dilatih untuk melakukan evakuasi dan diberi sertifikat. Tercatat, sudah ada 300 orang yang memiliki sertifikat sebagai attic captain.

Tim accomplishment dibutuhkan sebab meski Jakarta berpotensi diguncang gempa oleh 12 sumber gempa di sekitarnya. Sejarah mencatat bahwa Jakarta pernah hancur akibat guncangan gempa pada tahun 1699, 1703 dan 1833.

Tags:

Suami Betah di Rumah 600

Leave a Reply